Mencoba Kamera sebelum Membeli, Fitur Tambahan

Mencoba Kamera sebelum Membeli


Kamera digital hampir sama dengan digital media lainnya, biasanya dilengkapi dengan menu dan tombol-tombol pengontrol untuk disesuaikan dengan keperluan kita. Beberapa kamera memiliki perintah yang mudah dimengerti dibanding jenis lainnya. Perbandingan mudah atau susah dapat Anda simpulkan jika sudah mencobanya.

Perhatikan juga time delay, dari mulai kita tekan tombol shoot sampai gambar selesai diambil (shutter lag). Ada kamera tertentu yang delay-nya sangat lama, tetapi ini juga berpengaruh dari kondisi ruang dan cahaya tempat kita mencoba kamera tersebut.

Coba juga lensa zoomnya (optical zoom), apakah dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Ketahui juga berapa lama waktu yang harus ditunggu dari mulai menghidupkan kamera sampai kamera siap digunakan. Jangan lupa mencoba LCD dan viewfinder-nya.

Fitur Tambahan


Banyak kamera digital yang dilengkapi dengan fitur tambahan. Salah satu fitur yang selalu ada adalah kemampuan merekam gambar bergerak (video). Pada kamera digital, fitur ini hanyalah sebagai tambahan saja dan kemampuannya sangat terbatas. Anda sebaiknya tidak menentukan keputusan membeli kamera digital dari kemampuan kamera tersebut untuk merekam video. Hasil rekaman video dari kamera digital tidak akan bisa maksimal, kamera digital didesain untuk menghasilkan foto diam secara maksimum. Jika Anda lebih berniat merekam video, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli handycam atau alat sejenis yang memang dibuat untuk merekam video.


Mengenal Kategori Kamera


Kamera digital terbagi menjadi beberapa kategori, di antaranya ditentukan oleh besaran piksel, tipe lensa, kemampuan mengatur manual, dan asesori tambahan lainnya. Spesifikasi ditentukan oleh kategori-kategori tersebut.

Kamera Web dan HP

Dapat dikatakan, webcam dan kamera HP merupakan bentuk dari kamera digital, meskipun pada pembahasan buku ini lebih banyak diaplikasikan untuk kamera dengan minimal spesifikasi Prosumer SLR atau paling tidak kamera Point and Shoot dengan kemampuan pengaturan manual.

Kamera HP dan webcam biasanya memiliki resolusi yang rendah (640-X-480 atau 320-x-200/240-pixel), meskipun ada beberapa penyedia HP yang memiliki resolusi sampai 3 MP, seperti Sony Ericcson K800.

Gambar dengan resolusi seperti ini dapat digunakan dalam e-mail atau web. Pada kamera seperti ini, pengaturan secara manual jelas tidak ada, focus juga berjalan secara otomatis.


Boleh jadi tipe kamera seperti ini sangat digemari oleh banyak pemakai. Hal ini mengingat harganya yang relatif terjangkau, fungsi-fungsinya mudah digunakan, serta memiliki bentuk yang praktis. 

Sebagian kamera model ini memiliki resolusi dari 3-6 megapixel, disertai fasilitas tambahan flash terintegrasi dan memiliki slot untuk kartu penyimpan. Sedangkan fasilitas zoom mencapai 3x untuk optical zoom dan 4x untuk digital zoom. Contoh kamera yang masuk dalam kategori jenis ini adalah Nikon L6 dan Sony Cybershot P200.




Model kamera ini lebih dikenal dengan mode prosumer. Kamera ini memiliki kemampuan yang hampir menyerupai kamera DSLR. Model kamera ini memiliki kemampuan optical zoom sampai 12 x, resolusi yang besar, dan viewfinder LCD yang dapat dibuka dan digeser ke kiri dan ke kanan.





Camera Pemantau Berisikan tentang : "Dasar-Dasar Kamera Digital, Teknologi CCD, Teknologi CMOS, Media Penyimpan, Zoom, Pengertian Exposure, Fotografer, Aperture, Shutter Speed, Pengetahuan Tentang CCTV"